Sabtu, 10 Januari 2009

Manusia Raksasa

Beberapa waktu lalu, sempat didiskusikan tentang ukuran tubuh Adam dan manusia-manusia di masa lampau. Menurut kisah-kisah yang beredar luas, ada yang memperkirakan tubuh Adam setinggi pohon kelapa, ada juga yang bilang 60 hasta. Bandingkan dengan tinggi manusia zaman sekarang yang 'cuma' 1.5 m - 2.5 m - tergantung ras (kurang atau lebih dari itu dianggap abnormal). Kalau dalam cerita-cerita rakyat, mungkin bentuknya menyerupai raksasa (butho).

Bedanya, 'si butho' adalah tokoh antagonis
yang jahat, suka mengganggu manusia. Dalam cerita pewayangan, tokoh tinggi besar juga sering tampil dalam lelakonan.

Benarkah manusia di masa lampau memang berukuran raksasa? Konon selain jangkung, umur mereka juga panjang hingga ratusan tahun. Dari hasil temuan arkeologis selama ini, memang belum pernah tergali satu pun fosil manusia berukuran raksasa. Yang ada, malah temuan fosil 'hobbit' di Pulau Flores, NTT. Entah kelak, siapa tahu? Toh belum semua rahasia alam terkuak.

Di beberapa kitab suci agama langit disebut sosok raksasa bernama Goliath saat zaman David (Daoed; Dawoed; Nabi Daud). Kita semua tahu, David adalah penerima 'wahyu Tuhan' berbentuk kitab suci Zabur (Mazmur). Pada deretan Nabi sesuai ajaran Islam, Daud adalah Nabi sebelum zaman Nabi Sulaeman (Solomon; Salomo) yang diperkirakan hidup 950 SM, dan Nabi setelah Zulkifli (Yehezkiel; Ezekiel).

Genesis mencatat sejumlah kisah manusia berukuran raksasa, baik sebelum masa air bah - zaman Nabi Nuh (Noah) - maupun sesudahnya. Epik Daud vs Goliath bersumber pada tradisi Yahwist. Dalam epik tersebut tercatat beberapa suku bangsa yang masih keturunan raksasa, tetapi bukan suku Filistin (sekarang Palestina).

Lalu ada juga posting yang beredar luas di milis tentang temuan kerangka manusia raksasa di sebuah gurun pasir di Arab Tenggara. Namun banyak orang menilai bahwa itu 'hoax' - informasi palsu. Lampiran fotonya diperkirakan sebuah hasil rekayasa digital. Oleh pengirimnya, cerita ini dibumbui dengan tebaran ayat Al-Quran yang menyebut tentang kaum 'Ad (zaman Nabi Hud). Untuk konfirmasi mungkin bisa menghubungi perusahaan minyak ARAMCO.





Credit to http://humbahas.blogspot.com/2006/07/manusia-raksasa.html

4 komentar:

suyasiro mengatakan...

semua kebenaran hanyalah bersifat individul...
siapa yang percaya maka percayalah ia...
dan siapa yang kufur maka akan percayalah ia ketika menemui ajalnya....
namun allah azza wa jalla mutlak adanya....allahuakbar...shalallah ala muhammad shalallahu alaihi wa salam......

suyasiro mengatakan...

semua kebenaran hanyalah bersifat individul...
siapa yang percaya maka percayalah ia...
dan siapa yang kufur maka akan percayalah ia ketika menemui ajalnya....
namun allah azza wa jalla mutlak adanya....allahuakbar...shalallah ala muhammad shalallahu alaihi wa salam......

Anonim mengatakan...

itu semua cerita bohong

Anonim mengatakan...

kalo aku percaya aja ama manusia yang ber ukuran raksasa..
buktinya jejak nabi ibrahim di maqam ibrahim dkat kabbah ber ukuran besar sekali..
tapi seperti selama ini aja,, setiap kebenaran yang ditunjukkan dalam islam selalu di tentang dan dibilang ga betul an bohong..
ga tau ntah kenapa

kembali ke individunya lah mau percaya atau tida

Posting Komentar

Silakan Tuliskan Komentar Anda ^^