Jumat, 31 Oktober 2008

10 Simbol Cinta

Ungkapan cinta itu
Nggak Cuma lewat kata - kata

Hmm…tahu nggak, ternyata cinta itu nggak cuma bisa diungkapkan lewat kata-kata. Ada juga beberapa simbol cinta yang bisa dipakai untuk nunjukin rasa cinta


1. Hati
Ini adalah simbol palinag umum yang melambangkan cinta. Beberapa kebudayaan kuno mempercayai bahwa jiwa manusia ada di dalam hati. Sementara itu, orang Yunani kuno percaya bahwa hati punya hubungan yang kuat dengan cinta karena Eros ( atau yang disebut juga Cupid ), sang dewa cinta, selalu membidikkan panah cintanya tepat ke hati. Katanya, orang yang hatinya terpanah oleh anak panah Cupid bakal langsung jatuh cinta. Karena hal ini jugalah, warna merah yang merupakan warna hati kita, dipercaya sebagai warna yang paling romantis.


2. Cupid
Anak kecil bertampang manis, bersayap dan selalu memegang busur dan anak panah ini, menurut cerita legenda, adalah anak Venus, dewi cinta bangsa Romawi. Sedangkan bangsa Yunani kuno menyebutnya Eros yang merupakan anak dari Dewi Aphrodite. Banyak mitos yang menyebutkan ( bahkan mempercayai ) bahwa tugas Cupid adalah untuk membuat siapa saja jatuh cinta bila tertusuk oleh anak panahnya.


3. Teddy Bear
Boneka berbentuk beruang ini memang menggemaskan. Kisahnya berawal dari pengalaman Presiden Amerika Serikat, Theodore Rosevelt pada saat berburu di sebuah hutan. Pada waktu itu, ajudan presiden mulai kebingungan karena setelah sekian lama menunggu, belum ada satupun binatang yang kelihatan yang bisa dijadikan target perburuan. Tiba-tiba mereka menemukan seekor anak beruang dan memutuskan mengikatnya di pohon. Tapi presiden nggak mau membunuh anak beruang itu dan malah melepaskannya. Cerita ini kemudian diterbitkan sebuah koran dan sebuah perusahaan membuat boneka berbentuk beruang dan menamakannya Teddy’s ( diambil dari nama panggilan presiden ) bear. Itulah sebabnya kenapa boneka menggemaskan ini sering dijadiin kado Valentine karena melambangkan kebaikan hati dan rasa sayang.


4. Burung Merpati
Berhubung zaman dulu belum ada jasa pos apalagi e-mail secanggih sekarang, orang Romawi kuno biasa menggunakan burung merpati untuk mengirim surat cinta kepada kekasihnya. Burung merpati adalah simbol perdamaian ( makanya sampai sekarang dipakai menjadi lambang PBB ) dan kelemahlembutan. Selain itu juga merupakan simbol kesetiaan karena burung dipercaya nggak bisa hidup tanpa pasangannya. Di Inggris, burung-burung bermigrasi di bulan Februari dan katanya mereka mencari pasangannya pada tanggal 14 Februari.


5. Cokelat
Disebut juga sebagai aphrodiasiac atau pembangkit mood. Banyak yang percaya bahwa memberi cokelat adalah sesuatu yang romantis. Rasa cokelat yang manis sering dianggap sebagai tanda cinta yang memang terasa manis dan indah. Selain itu, kacang almond yang biasanya terdapat di dalam cokelat, ternyata juga bisa melambangkan cinta. Menurut cerita legenda, cokelat itu berasal dari tanaman yang tumbuh di dekat makam St. Valentine.


6. Bulan
Kebayang kan, gimana rasanya kalau jalan berduaan sama doi diterangi cahaya bulan ? Duh….romantisnya. Menurut salah satu cerita legenda, katanya kita bisa ngelihat muka cowok yang bakal jadi pacar kita ketika memandangi sinar bulan di malam hari Valentine.


7. Sapu Tangan.
Zaman dulu, para pelaut sering membawa sapu tangan milik pacarnya yang digambari bentuk hati dan cupid atau ditulisi kata-kata cinta dan puisi. Di zaman Victoria, cewek yang mengikat sapu tangan di lehernya bisa berarti sebuah ungkapan ‘I Love You’. Tapi kalau sapu tangan itu dilambai-lambaikan di tangan kanan, artinya ‘I love another one’.


8. Pita
Benda ini juga merupakan simbol cinta. Di abad pertengahan, para ksatria akan bertempur ke medan peperangan dengan membawa pita atau selendang milik pacarnya untuk mengingatkan cintanya pa sang kekasih.


9. Bunga Mawar
Legenda Romawi menyebutkan bahwa kisah tentang bunga mawar ini berasal dari kejadian pada waktu Jupiter secara nggak sengaja memergoki Venus yang lagi mandi. Saking malunya, pipi Venus sampai bersemu merah dan mengubah warna bunga mawar yang semula putih menjadi berwarna kemerahan. Selain itu ada juga mitos lainnya yang mengatakan bahwa bunga mawar diciptakan oleh Chloris, dewa bunga yunani. Bentuknya yang cantik adalah pemberian Aphrodite, sang dwei cinta, sedangakan Dionysus, dewa anggur memberika aroma yang wangi untuk bunga dinamakan Queen of Flower ini. Bentuknya indah, warnanya yang memikat dengan wangi yang harum, mejadikan bunga ini sering dianggap sebagai tanda ungkapan cimta. Tapi bunga mawar punya banyak arti, misalnya :

Warna :
Merah : Cinta dan penghargaan
Kuning : Kegembiraan, persahabatan
Putih : Kepolosan, kesucian, dan kerahasiaan
Putih dan Merah : Keabadian
Pink : Keanggunan
Pink tua : Tanda terima kasih dan penghargaan
Orange : Antusiasme
Peach : Kesederhanaan, kerendahan hati
Jumlah :
1 tangkai : Kesederhanaan
2 tangkai : Ngajak lebih serius (misalnya tunangan atau menikah)
12 tangkai :Terima kasih
25 tangkai : Ucapan selamat
50 tangkai : Cinta nggak bersyarat


10. Cincin
Banyak kebudayaan yangb mempercayai cincin sebagai lambing cinta, salah satunya pada zaman Romawin. Bentuknya yang nggak bersudut melambangkan keabadian. Sedangkan menurut kepercayaan bangsa mesir, cincin yang dipakai jari manis atau jari tengah di tangan kiri kita, akan berhubungan dengan system syaraf kerena dekat dengan aliran darah ke jantung.

Sumber : forum.megaxus.com

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan Tuliskan Komentar Anda ^^