Sabtu, 01 November 2008

Gen Awal Binatang Ditemukan



Bagaimana awal kehidupan ini, masih menjadi pertanyaan bagi banyak pihak. Berbagai penelitian dilakukan untuk membuktikan sejumlah teori. Tak heran jika kemudian, satu teori dengan teori yang lain saling mematahkan, setelah munculnya berbagai penemuan baru.

Beberapa waktu lalu, sejumlah peneliti dari Amerika, juga berusaha mengungkap mengenai awal evolusi kehidupan yang diyakini diawali oleh hewan-hewan kecil yang ada di lautan. Penemuan yang dimuat dalam jurnal PlosOne ini mengemukakan bahwa para peneliti itu telah berhasil menemukan potret halus gen asal binatang pertama. Mereka yang berasal dari Universitas California di Santa Barbara ini menyebut telah melihat asal muasal gen yang baru dalam hydra cniadirian, sebuah kelompok hewan yang masuk dalam kelompok koral, ubur, ubur-ubur, anemones laut yang telah eksis lebih dari ratusan juta tahun lalu.

Namun, menurut David Plachetzki, penemuan yang sangat menggembirakan tersebut masih perlu penelitian lebih jauh. Tetapi, setidaknya, mereka sekarang memiliki kerangka waktu atas evolusi sensitivitas binatang tersebut. “Kita tahu sekarang pendahulu-pendahulu telah eksis sejak 600 jutaan tahun yang lalu,” ujar David.

credit to ensiklopedia binatang (forum.megaxus.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan Tuliskan Komentar Anda ^^