Sabtu, 05 September 2009

Vitamin C Cegah Osteoporosis

Vitamin C Cegah Osteoporosis

Osteoporosis membayangi para lanjut usia (lansia). Berbagai usaha pencegahan bisa dilakukan. Salah satunya, mengonsumsi buah dan sayur. Terutama, bagi para pria. Konsumsi buah dan sayur membantu pria lansia untuk menghindari keropos tulang yang bisa memicu patah tulang.

Katherine Tucker, peneliti dari Nutritional Epidemiology di Tufts University, mengatakan, sangat penting menyadari manfaat mineral bagi kepadatan tulang agar tidak retak pada kaum lansia, khususnya para pria. ''Ini tidak hanya terkait dengan kalsium, masih ada nutrisi lain yang bisa membantu," tuturnya.

Menurut dia, vitamin C bisa melindungi dan mencegah peradangan yang menyebabkan keropos tulang. Selain itu, vitamin tersebut sangat penting untuk menghasilkan kolagen yang membantu menguatkan tulang.

Penelitian tersebut telah dipublikasikan di The Journal of Nutrition. Namun, hasil penelitian itu tidak menunjukkan keuntungan yang sama bagi perempuan lansia yang menderita kehilangan tulang terkait osteoporosis dini.

Tucker menambahkan, dirinya belum mendapat penjelasan yang cukup banyak mengenai hal itu. Padahal, dia sangat berharap, manfaat vitamin C tersebut bisa dirasakan semua kaum lansia, baik pria maupun perempuan. "Tidak tahu mengapa vitamin C sangat bermanfaat untuk pria manula," tuturnya.

Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang paling penting bagi tubuh manusia. Vitamin C yang terdapat dalam buah-buahan dan sayur-sayuran merupakan unsur paling dibutuhkan untuk pertumbuhan dan pergantian sel dalam tubuh.

Tubuh manusia tidak bisa menghasilkan unsur itu dan hanya bisa didapat melalui tumbuh-tumbuhan. Vitamin C bisa memenuhi gizi yang dibutuhkan untuk proses pergantian, mengatur kerja organ tubuh, memenuhi enzim, dan membantu pertumbuhan.

Vitamin C bermanfaat bagi semua organ tubuh. Yakni, mencegah influenza, masuk angin, menambah tenaga dalam tubuh, meningkatkan kerja otak, menyehatkan kulit, serta menurunkan kolesterol yang terkandung dalam darah

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan Tuliskan Komentar Anda ^^