Selasa, 15 September 2009

Mendengkur

Mendengkur memang bukan termasuk penyakit ganas, namun sering kali suara dengkuran bisa berdampak tidak baik bagi diri sendiri atau orang lain yang mendengar dengkuran tersebut. Bagi diri sendiri, sudah tentu bisa menggangu kesehatan. Sedangkan untuk orang lain yang mendengarnya bisa menyebabkan frustasi, karena merasa terganggu dengan suara dengkuran, yang mengakibatkan sulit untuk tidur nyenyak. Kebiasaan mendengkur sebenarnya bisa diobati atau dengan melakukan terapi yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Usahakan posisi tidur anda dalam keadaan miring, karena dengan begitu anda dapat mengontrol aliran udara yang di hirup dan dikeluarkan. Dengan posisi tidur miring, kemungkinan anda mengeluarkan dengkuran bisa sedikit di tekan dan bahkan bisa melenyapkan dengkuran.

Sebelum tidur, konsumsilah beberapa sendok madu. Selain bisa menyehatkan tubuh, madu ternyata dipercaya berkhasiat untuk menghilangkan kebiasaan mendengkur.

Pastikan sebelum tidur, anda tidak meminum segelas susu atau yogurt, karena keduanya bisa menyebabkan dengkuran. Walaupun sebenarnya dengan meminum segelas susu sebelum bisa menyehatkan tubuh dan menyembuhkan insomnia, namun yang perlu diingat untuk anda yang memiliki kebiasaan mendengkur, sebaiknya tidak melakukan hal itu.

Saat akan tidur, aturlah posisi bantal, dengan membuatnya sedikit lebih tinggi, agar aliran udara bisa terkontrol dengan baik. Jika posisi bantal lebih rendah atau dalam posisi datar, maka akan menyumbat keluar masuknya udara, yang mana dapat menyebabkan timbulnya dengkuran.

Bagi anda yang memiliki bobot tubuh yang berlebihan, sebaiknya mulailah untuk melakukan diet untuk mengurangi berat badan. Karena jika tubuh terlalu banyak menyimpan lemak, maka bisa mengakibatkan seseorang itu mendengkur saat tidur.

Jalani gaya hidup sehat dengan tidak merokok dan minum minuman yang beralkohol.Perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang sehat, minum air putih dan berolah raga. Dengan begitu selain tubuh anda sehat dan bugar, anda pun bisa terhindar dari kebiasaan buruk mendengkur

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan Tuliskan Komentar Anda ^^